Tafsir dan Arti Mimpi Berkaitan dengan Kencing | Tafsir Mimpi Islami

Taman Zaman - Takwil mimpi ini menurut pendapat Ibnu Sirin Sang Sumber Rujukan Tafsir Mimpi. Kencing (buang air kesil) melambangkan harta haram

  1. Bermimpi kencing pada sebuah tempat yang tidak diketahui berarti ia akan menikah dengan wanita pada tempat tersebut atau sampai menyalurkan air maninya dengan mengawini salah seorang wanita tempat tersebut atau tentangganya. Menurut sebagian ahli takwil, bermimpi kencing berarti ia akan membelanjakan suatu harta dimana harta itu akan kembali lagi padanya, karena Allah SWT berfirman, "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS. Saba: 39). 
  2. Bermimpi kencing pada sebuah sumur berarti ia akan menafkahkan harta dari usaha yang halal. 
  3. Mimpi Kencing di atas suatu barang berarti ia akan menjual murah barang tersebut. 
  4. Mimpi Kencing pada sebuah mihrab berarti ia akan mendapatkan anak yang alim (ulama). Diriwayatkan bahwa Marwan ibn al-Hakam bermimpi bahwa ia kencing di mihrab dan menahan setengahnya, lalu ia bertanya tentang takwil mimpinya pada Sa'id ibn al-Musayyab, maka ia berkata, "Kamu akan melahirkan anak-anak yang akan menjadi khalifah." Orang yang kencing setengah lalu menahan setengahnya berarti sebagian hartanya akan hilang atau pergi jika ia seorang kaya, namun jika seorang yang menderita berarti sebagian penderitaannya akan sirna. Jika seseorang kencing bersama orang lain, lalu kencing tersebut bercampur berarti akan terjadi hubungan besan atau ipar antar keduanya. 
  5. Bermimpi menderita penyakit sulit buang air kecil berarti akan marah pada istrinya. 
  6. Bermimpi melihat dirinya terkena penyakit susah buang air kecil berarti pintu-pintu kehidupan (rezeki) nya akan tertutup. 
  7. Sedangkan bila bermimpi saluran air kencingnya tertutup untuk kencing berarti ia berhutang sedangkan ia tidak mampu membayar hutang tersebut. 
  8. Bermimpi terkena penyakit burut darah berarti akan memperoleh harta sedangkan ia tidak merasa aman terhadap harta tersebut dari musuh-musuhnya. 
  9. Bermimpi akan kencing tapi tidak menemukan tempatnya berarti ia akan menguburkan suatu harta tapi tidak menemukan tempat untuk menguburkan atau menyembunyikan harta tersebut. 
  10. Bermimpi kencing pada sebuah tempat kencing atau lebih berarti ia akan mendapatkan suatu kelapangan jika ia seorang miskin, tapi jika ia seorang kaya berarti sebagian hartanya akan hilang. 
  11. Bermimpi kencing lalu orang-orang membasuh sesuatu dengan kencing tersebut berarti ia akan melahirkan seorang anak yang akan diikuti oleh manusia. Apabila seseorang yang sudah dikenal kencing di atas dirinya berarti orang itu akan memberi nafkah padanya. Melihat seorang wanita kencing banyak berarti ia (wanita itu) menginginkan laki-laki. Apabila seseorang kencing dengan mengeluarkan susu, berarti ia menyia-nyiakan perbuatan fitrah (ketaatan); sedangkan jika susu kencing itu diminum oleh seseorang yang sudah dikenal berarti ia akan memberinya nafkah dari harta yang halal. 
  12. Bermimpi kencing yang mengeluarkan darah berarti ia akan berhubungan intim dengan wanita yang sedang haid. Diriwayatkan bahwa seorang laki-laki datang pada Ibnu Sirin, lalu mengatakan bahwa ia ber-mimpi kencing yang mengeluarkan darah, lalu Ibnu Sirin berkata, "Takutlah kamu kepada Allah, karena engkau suka menyetubuhi istrimu yang sedang haid." Laki-laki itu berkata, "Benar." Sedangkan menurut sebagian ahli takwil, jika pemilik mimpi tersebut seorang wanita hamil, berarti bayinya akan keguguran. Bermimpi melihat bahwa air seninya terasa membakar urethranya (saluran kencing) atau menyakitinya berarti ia menyetubuhi istrinya yang sudah ditalak atau mengawini seorang perempuan semuhrim namun ia tidak mengetahui hal tersebut. 
  13. Bermimpi kencing yang mengeluarkan wewangian berarti melahirkan seorang anak yang sakit-sakitan. 
  14. Bermimpi kencing yang mengeluarkan air sari buah (juice) berarti ia bersikap boros terhadap hartanya. 
  15. Bermimpi kencing yang mengeluarkan tanah liat atau lumpur berarti seorang laki-laki yang tidak sempurna melakukan wudhu' dan tidak pula menjaganya. 
  16. Bermimpi kencing yang mengeluarkan api berarti ia melahirkan anak yang akan menjadi pencuri; jika yang keluar itu binatang buas berarti akan lahir seorang anak yang zalim; bila yang keluar seekor ikan betina, akan lahir anak perempuan dari seorang wanita dari pantai timur; sedangkan jika yang keluar seekor burung, maka akan lahir baginya seorang anak yang sesuai dengan sifat burung tersebut dari kebaikan dan keburukan. 
  17. Bermimpi kencing berdiri berarti ia akan membelanjakan harta secara tidak ia ketahui. Mimpi Kencing dalam celana berarti ia akan melahirkan seorang anak laki-laki, sedangkan bila ia belum punya istri berarti ia akan menikah. 
  18. Mimpi Kencing melalui hidung berarti akan melakukan sebuah perkawinan haram, misalnya dengan wanita yang masih semuhrim. 
  19. Mimpi Kencing pada tempat yang suci berarti ia akan membelanjakan hartanya pada suatu hal yang tidak terpuji. 

Seorang laki-laki datang pada Ibnu Sirin lalu berkata, "Dalam mimpi, aku melihat seorang wanita yang di tengah dadanya terdapat segelas susu, setiap ia berusaha mengangkat susu itu ke mulutnya untuk diminum, ia dihalangi oleh kencingnya yang tidak tertahan, lalu ia pergi." Ibnu Sirin menjawab, "Ia adalah seorang wanita Muslimah yang baik dan selalu taat melakukan sunnah Nabi saw, akan tetapi ia menginginkan laki-laki, maka takutlah kalian kepada Allah dan kawinkanlah wanita itu." Hal itu benar-benar terjadi. 

Ayah dari Ardasyir ibn Sasan adalah seorang pengembala kambing, ia bermimpi kencing dan dari kencing itu keluar uap yang naik memenuhi semua langit, kemudian ia datang pada seorang ahli takwil bernama Babik, ia menjawab, "Aku tidak akan mau mentakwilkan mimpi kamu kecuali bila kamu mau menasabkan nama anak-mu padaku," maka pengembala itu berjanji akan melakukannya. Pentakwil berkata padanya, "Kamu akan mendapatkan seorang anak yang akan memimpin timur dan barat," lalu mimpi itu menjadi kenyataan. 

Ketika Ardasyir lahir, ia dinasabkan pada Babik si pentakwil sesuai dengan janji ayah-nya. Oleh karena itu, orang-orang menyebutnya dengan Ardasyir ibn Babik, sedangkan ayahnya yang sebenarnya adalah Sasan. Bergelar Ardasyir I, wafat tahun 241 M, adalah pendiri kerajaan Sasanid di Persia pada tahun 224 M. Ia menduduki Thaisafun dan menghancurkan kekuasaan Raja Arbathan VI, raja terakhir dari Dinasti Arsyaqi al-Furtsiy. la mewajibkan Zoroaster sebagai agama negara. 

Orang yang bermimpi kencing di tengah-tengah keramaian pasar berarti akan menjadi wali pasar, lalu mimpinya ini menjadi kenyataan karena seseorang yang memimpin suatu kaum, maka mereka akan menghinakan diri padanya. 

Semuanya bergantung pada keyakinan Anda. Sebagian dari mimpi kita adalah bunga tidur, atau pengaruh pikiran saat itu. Bisa juga mimpi yang dapat ditakwilkan bahwa datangnya dari Tuhan atau dari Syetan. 

Mugia Rahayu Sagung Dumadi 

Salam

Baca Juga