Hampir Setengah Orang Korea Selatan Tak Beragama

Ilustrasi: pbs.org

Taman Zaman - Agama di Korea Selatan dikarakteristikan dengan kenyataan bahwa hampir setengah (46.5%) orang Korea Selatan tidak memiliki agama. Menurut sensus tahun 2005, 22.8% dari penduduknya mengidentifikasikan dirinya sebagai penganut Buddha, 18.3% sebagai penganut Protestan dan 10.9% sebagai penganut Katolik Roma, dengan total 29.2% penganut Kristen.



Hal ini diduga karena adanya sistem super ketat pendidikan Korea Selatan yang harus dilewati para generasi muda. Mereka seakan tak memiliki waktu selain untuk belajar baik dalam waktu wajib yang reguler, atau pelajaran tambahan yang bisa dilaksanakan hingga malam hari.

Hal lain yang jadi pemicu adalah seperti ada budaya keharusan eksis dalam pergaulan yang membuat mereka tak memiliki waktu untuk melakukan ritual keagamaan. Hal ini terjadi mengingat tingginya tingkat bullying di kalangan anak muda yang ditujukan pada mereka yang tidak ‘update’ hal kekinian.
Meskipun ada sekitar 20 agama dan sekte di sana, namun hanya sekitar 31% orang Korsel yang beragama. Kebanyakan dari mereka menganut Kristen Protestan (20%) kemudian Buddha 15% serta Katolik 8% dan sejumlah agama lain dalam presentasi yang lebih kecil.

Karena hal inilah gereja-gereja di Korea mulai menyesuaikan tata cara dan program yang bisa diterima anak muda. Salah satunya adalah talk show digital dan mengadakan kegiatan yang menarik bagi para anak muda.

Referensi

  1. "Ini Alasan Orang Korea Selatan Makin 'Malas' Memeluk Agama" dreamers.id Diakses 18 September 2018
  2. wikipedia.org
Baca Juga