Arti Garis Tangan Simian Line (Tapak Jalak) | Palmistri

Taman Zaman Setiap orang mempunyai garis tangan yang berbeda-beda. Ada yang simpel, ada pula yang ruwet. Banyak yang meyakini jalan hidup seseorang tergantung garis tangan yang dimilikinya. Makanya beberapa orang menggunakan garis tangan sebagai bahan untuk mengintip masa depannya.

Namun ternyata ada garis tangan yang super unik dan sungguh berbeda dari manusia kebanyakan. Garis tangan itu disebut Simian Line. Simian Line adalah suatu garis di telapak tangan yang memiliki satu garis lurus yang tidak putus hingga akhir.

‘Simian line’ artinya single transverse palmar crease atau lipatan garis tangan yang melintang tunggal. Pada orang biasa, ada dua garis mayor horizontal yang terpisah. Yang dekat dengan 4 jari namanya garis kepala, sedangkan yang mengarah pada lengan namanya garis hati. Pemilik simian line hanya punya 1 garis horizontal yang merupakan perpaduan garis hati dan garis kepala. Konon, menyatunya kedua garis tersebut menunjukkan bahwa pemiliknya akan susah memisahkan antara emosi (garis hati) dan rasio (garis kepala).



Penulis memiliki garis tangan lurus pada telapak tangan kiri. Orang Jawa menyebutnya "Tapak Jalak". Dulu, penulis merasa punya garis tangan seprti ini adalah hal aneh. Di sekitar penulis tidak ada yang punya garis tangan seperti ini.  Namun ketika menginjak dewasa, penulis bertemu beberapa orang dengan garis tangan Simian Line. Bedanya ada 2 orang yang penulis temui itu memiliki Simian Line pada telapak tangan kanan.

Apakah anda salah satu yang memiliki Simian Line? Berarti anda adalah manusia langka. Menurut penelitian para ilmuwan di dunia, hingga saat ini, Simian Line hanya terjadi pada 1 dari 30 orang atau sekitar 3% dari populasi manusia di dunia dan 14% dari populasi orang Asia.

Ada dua penjelasan menarik tentang garis tangan yang langka ini, yakni dari segi medis dan palmistry atau ilmu membaca garis tangan.

Menurut Ilmu Membaca Garis Tangan (Palmistry), pemilik simian line ibarat pedang bermata dua. Di satu bisa berkemampuan kuat dalam memfokuskan diri pada satu hal tertentu yang disukainya, namun di sisi lain berkecenderungan melakukan sesuatu tanpa pikir panjang-hiper aktif-agresif dan cenderung tidak sabaran. Orang simian line akan sangat sukses jika berkarir di bidang disukai hatinya, namun sebaliknya... akan terpuruk bila mengerjakan sesuatu karena terpaksa.



Karena kemampuannya dalam terfokus pada satu hal, seringkali orang simian line mudah mencapai apa pun keinginannya. Namun, juga sering menghadapi lebih banyak cobaan hidup. Kalau sedang beruntung, akan beruntung sekali. Tapi kalau pas merugi, akan sangat merugi. Katanya, orang dengan karakteristik ini banyak mengubah dunia, baik untuk kebaikan maupun untuk keburukan.

Mereka cenderung bersikap tegas, keras kepala, memiliki emosi yang tinggi, ambisius, pantang menyerah, dan berkemampuan kuat untuk fokus pada satu hal tertentu.Dengan sikap-sikap seperti ini, sebagian orang Simian Line di dunia mempunyai pengaruh dalam mengubah dunia di bidang masing-masing. Misalnya Tony Blair (Perdana Menteri Inggris), Nikita Kruschev (mantan Perdana Menteri Rusia), John Steinbeck (penulis), Thom Yorke (musisi, penyanyi, dan penulis lagu band Radiohead), Robert De Niro’s (aktor, sutradara, dan produser dari Amerika Serikat),  Mahatma Gandhi (pemimpin spiritual dan politikus dari India), Bill Clinton (Presiden Amerika Serikat ke-42) dan lainnya.

Ada banyak tokoh radikal yang dilahirkan dari kalangan pemilik garis tangan simian line. Tapi menurut kepercayaan Bangsa Yunani, pemilik garis tangan ini adalah prajurit terbaik dan terkuat dalam pasukan perang Spartan Yunani.

Kalau dari segi medis, katanya bayi yang dilahirkan dengan down syndrome (keterbelakangan mental) hampir semuanya mempunyai simian line. Beberapa kelainan kromosom lainnya seperti Aarskog syndrome, Turner syndrome, Klinefelter syndrome, juga menunjukkan ciri khas ini. Selain itu, ibu hamil yang terjangkit TORCH atau rubella (campak Jerman), atau ibu hamil pengkonsumsi alkohol, juga beresiko melahirkan bayi dengan kelainan kongenital yang ditandai dengan ‘palmar crease’, istilah lain dari simian line.

Menyedihkan, ya? Sepanjang pengetahuan penulis, ketika Ibu hamil memang sempat dianggap tumor oleh dokter dan bidan. Ayah tidak percaya begitu saja, mengingat jika benar tumor, yang terbayang oleh ayah adalah Ibu harus dioperasi.  Beberapa bidan dan dokter berbeda ditemui. Jawabannya sama, Ibu divonis tumor dalam perutnya. Untuk terakhir kalinya, Ayah memanggil "Mak Paraji" alias "Dukun Beranak". Ternyata. "Diagnosa" Mak Paraji berbeda. Ia menyebutkan dengan meyakinkan bahwa Ibu sedang mengandung alias hamil. Ternyata memang benar. Untung saha ya.. kalau dioperasi, mungkin penulis takkan pernah ada.

Orang dengan simian line tidak selalu mengindikasikan cacat bawaan. Dari hasil survei, ada 10% manusia mempunyai simian line pada salah satu telapak tangannya (termasuk saya), dan 5% dengan simian line pada kedua telapak tangannya. Ada satu mitos lagi bahwa bila garis kepala (yang bila garis itu dari arah jempol) bertemu dengan garis hati (yang garis itu dari arah kelingking), maka yang ‘simian line’ ini rawan terkena sakit jantung.



Menurut penelitian, disebutkan bahwa orang dengan garis lurus ini cenderung bersikap absolut, sehingga terkesan egois, ambisius dan pantang menyerah. Ini sifat yang hampir sama dengan watak shio ular yang saya ceritakan pada postingan sebelumnya. Hal semacam ini tentu bisa membawa kepada hal yang positif atau yang negatif. Karenanya, simian line yang lebih sering dijumpai pada telapak tangan kiri dianggap ‘lebih aman’ dibandingkan bila ada pada kedua belah telapak tangan.

Orang simian line kebanyakan menyukai hal-hal unik dan berbeda. Konon, orang similian line secara intuitif pasti akan bertemu orang simian line lainnya; entah itu hubungan keluarga, teman, pacar, atau rekan bisnis.

Menurut kepercayaan Jawa Kuno, pemiliknya kelak akan hidup berkecukupan. Bahkan banyak yang meramal kalau pemilik tipe garis simian line ialah sosok yang sangat setia terhadap pasangannya. Aamiin!

Bagaimana garis tangan Anda? Coba cek!! Siapa tahu kalian juga simian line, sama seperti penulis. Ini sekedar mitos ya. Boleh percaya atau tidak. Anggap saja hiburan.


Baca Juga