Kerajaan Ghaib Paloh



Taman Zaman - Keberadaan kerajaan gaib selalu meraik untuk didiskusikan bahkan banyak hal aneh yang dipertentangkan membuat manusia semakin penasaran. Rasa penasaran tersebut menuntun manusia untuk mencari dan terus mencari. Hingga suatu kisah mengenai negeri gaib Paloh ramai diperbincangkan.

Paloh, Negeri Gaib yang Dipercaya Bersemayam di Pedalaman Hutan Kalimantan. Kerajaan Paloh merupakan kerajaan ghaib yang dihuni oleh kaum bunian dengan raja yang memimpin adalah raden Sandi. Pemimpin kerajaan yang dipercaya berada di kecamatan Paloh, kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini, konon masih memiliki ikatan darah dengan raja terdahulu dari kerajaan Sambas dan kerajaan Brunei.

Kerajaan ini terkenal sangat megah dan sering muncul secara tiba-tiba di tengah hutan, namun setelah akan didekati kerajaan tersebut menghilang entah kemana. Masyarakat sekitar percaya bahwa kerajaan tersebut masih tetap ada namun tidak mau menampakan diri kepada sembarang orang.

Sering terjadi kejadian mistis tidak masuk akal di desa setempat yang kerap kali dikaitkan dengan keberadaan kerajaan ghaib tak kasat mata ini.

Pesawat hilang

Cerita mistis yang menguatkan keberadaan Negeri Paloh adalah tentang sebuah pesawat TNI AU yang hilang pada tahun 70an. Pesawat ini tiba-tiba hilang tanpa jejak sewaktu melewati wilayah Negeri Paloh. Menurut penerawangan seseorang yang memiliki kekuatan spiritual, para awak dan penumpang pesawat tak meninggal. Mereka diselamatkan oleh penghuni Negeri Paloh dan menetap di sana.

Negeri yang Maju

Dilihat dengan kasat mata, wilayah Negeri Paloh adalah sebuah hutan belantara. Hutan ini dijadikan tempat konservasi oleh pemerintah setempat dan dijadikan tempat wisata alam. Banyak para pecinta alam yang menghabiskan waktu dengan mengunjungi hutan ini. Suasana mistis juga menyelimuti keindahan hutan belantara ini. Beberapa penduduk setempat dan wisatawan mengaku pernah melihat penampakan sebuah kota modern muncul di tengah liarnya hutan belantara.

Negeri gaib Paloh merupakan sebuah kota yang memiliki peradaban modern. Hal itu karena sumber daya di negeri ini mumpuni. Mereka mampu membangun dan memajukan kota. Nggak heran kalau bangunan di Negeri Paloh lebih modern ketimbang di dunia nyata. Secara konstitusional, Negeri Paloh mengusung pola kerajaan. Pemimpinnya adalah seorang pangeran bernama Sandi.

Orang Bunian Suka Membantu

Penghuni Negeri Paloh ini disebut dengan kaum Bunian. Bentuk mereka hampir sama dengan manusia pada umumnya, tapi jika dilihat lebih teliti lagi ada perbedaan di area wajah. Kaum Bunian tak mempunyai garis antara hidung dan bibir. Alis mereka juga menyatu, sehingga tampak menyeramkan. Namun, kaum Bunian tak suka meneror manusia. Sebaliknya, mereka suka membantu manusia. Desas-desus yang beredar sih, mereka turut membantu dalam kerusuhan etnis di Sambas. Raja Negeri Paloh mengerahkan pasukannya untuk menghalau kedatangan etnis tertentu yang memiliki niat mengacau.

Meskipun mereka terkenal suka membantu, tapi kamu tetap harus waspada. Jangan sampai menerima ajakan untuk berkunjung ke Negeri Paloh dari kaum Bunian. Jika sampai menerima ajakan tersebut, maka kamu akan selamanya tinggal di sana.

Sesuatu yang mengandung unsur mistis memang susah untuk dibuktikan. Kita hanya memiliki dua pilihan, mempercayainya atau menolaknya. Apapun pilihannya, alangkah baknya jika kita tetap saling menghormati manusia dan alam yang berada di sekitar kita.
Baca Juga