Menguak Tabir Misteri Indigo | Ciri-ciri dan Tahapannya




Taman Zaman - Banyak orang yang memiliki pandangan yang berbeda mengenai fenomena Indigo, ada yang mengaitkan hal ini dengan "kelebihan" atau "anugerah" yang sifatnya spiritual, ada yang membahasnya terkait dengan masalah kejiwaan atau psikologis atau juga gangguan Jin yang merasuki orang tersebut. Kita bisa mencoba telusuri bersama-sama diawali dari sisi akar budaya.

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang  sangat kental memegang tradisi dan budaya leluhur. Berdasarkan kajian historis dari para peneliti, para  pendahulu kita   memeluk kepercayaan animisme dan dinamisme. dimana mereka memegang teguh kepercayaan pada nilai budaya leluhur dan roh nenek moyang. mereka berpendapat bahwa roh nenek moyang senantiasa  mendampingi penerusnya hingga saat ini,  turut serta dalam kegiatan yang bersifat tradisi, ritual-ritual dan aktifitas keseharian, bahkan pada kesempatan tertentu masyarakat adat  masih melakukan ritual pemanggilan roh nenek moyang dalam membuka sebuah kegiatan adat, lalu hadirlah roh nenek moyang tersebut melalui perantara (mediator) dukun atau pemangku adat kemudian memberikan restu/wejangan pada suku adat tersebut.

Satu pertanyaan yang sering penulis dapatkan adalam adanya pertanyaan: Apakah indigo itu adalah orang yang mampu melihat dunia lain? Jawabannya bisa iya, tapi tidak berarti orang yang mampu melihat dimensi lain atau mempunyai indera ke enam itu termasuk indigo.

Secara umum Indigo sering diarahkan pada anak kecil. Dari pelbagai literatur, ciri-ciri anak indigo itu banyak, dan belum dipahami oleh banyak orang. Oleh karena itu, inilah salah satu penderitaan yang harus ditanggung  kebanyakan anak indigo disingkkirkan oleh orang-orang sekitarnya bahkan dianggap nyleneh.

Ringkasnya, kalau indigo itu memang sudah memiliki kemampuan melihat dimensi lain dari kehidupan ini (dahulu - kini dan nanti) serta mempunyai indera keenam. Anak indigo sering divonis anak dengan cap 'aneh" di dalam kehidupnya sehari-hari karena tidak banyak yang mampu memahmai mereka.

Sederhanaya, terlahir sebagai seorang indigo itu tidaklah gampang, meskipun toh seiring berjalannya waktu semakin bertambahnya usia itu tidaklah sulit juga, asalkan kita ikhlas dengan pemberian yang Maha Kuasa. Awalnya mungkin sulit dengan semua perasaan yang diri sendiri pun tidak mengerti tapi lama-lama akan mengerti dengan kesadaran penuhnya.

Dalam banyak kasus, memang watak klasik indigo cenderung pendiam. Tapi tidak selalu menjadi sosok pendiam. Banyak juga mereka yang terlahir indigo orangnya asyik, dimanapun kapanpun, sama siapa pun.

Asal-usul Penyebab Indigo

Kita coba untuk mengupas tentang kemampuan bawaan anak indigo atau terlahir indigo. Dimulai dari asal-usul kemampuan supranatural seorang Indigo.  Indigo menurut masyarakat adalah kemampuan supranatural  seseorang yang telah diterima dari sang pencipta Tuhan dalam menerima misi sebagai manusia hidup didunia dan tentu ditandai dengan terbukanya Indra ke-enam (Mata ketiga). Golongan Indigo ini kebanyakan pada prateknya mengarah kepada hal yang bersifat kemanusiaan dan ke-agamaan. Indigo ini dalam masa hidupnya dominan menerima pesan- komunikasi dari roh leluhurnya dan roh-roh orang suci.

Kemampuan Indigo ini kebanyakan diterima oleh mereka yang memiliki trah- keturunan leluhur misalkan leluhurnya memang memiliki kemampuan supranatural- metafisika, golongan kaum ulama/ brahmana, golongan ningrat/ bangsawan dan golongan ksatria/ orang- orang sakti dan ada sebagian Orang biasa yang terpilih Indigo yakni untuk menerima titisan tertentu atau langsung menerima kemampuan dari Tuhan untuk misi manusia.


Tahapan menuju Indigo

Tahapan indigo dalam kehidupanya dapat dikenali dengan kronologi proses yang dialaminya semenjak lahir. Golongan Indigo ini biasanya melewati beberapa tahapan diantaranya;
  1. Tahap I adalah Anak Indigo atau Dewasa yang menerima hal- hal yang diluar akal pikiran Manusia biasa pada umumnya tanpa disadarinya, misalkan mereka mengalami suatu mimpi dibulan depan hari, tanggal, dan waktu yang jelas direkam terjadi suatu kejadian dan tepat sesuai mimpi dibulan depan hal itu benar- benar terjadi dan sering mengalami hal- hal aneh yang dianggap diluar akal pikiran kasat.
  2. Tahap II adalah Indigo yang mulai menerima kemampuan yang dimilikinya dan mencoba untuk mengerti atau memahaminya, biasanya tahap ini mereka mulai mencoba melakukan interaksi dengan alam semesta, interaksi ini disebut juga kemampuan daya cipta, supranatural atau metafisika dan kemudian melakukan konsultasi dengan Orang lain untuk menyampaikan hal-hal yang telah diterimanya tersebut, tentu mereka memilih berkonsultasi dengan orang yang dianggap dipercaya dapat memberikan petunjuk dari apa yang telah diterimanya. Dan biasanya mereka kadang juga tidak puas dengan tanggapan orang lain yang dianggap tidak sesuai dengan keinginan atau tidak sesuai dengan kata hatinya
  3. Tahap III adalah Indigo yang mencoba mencari Jati dirinya, ingin mengetahui lebih jauh kemampuan apa yang telah diterimanya, kebanyakan mereka banyak melakukan yang bersifat religius, menjalankan olah kebatinan dengan berpuasa atau melakukan petualangan
  4. Tahap IV adalah Indigo yang dapat mengetahui kemampuan yang dimilikinya tersebut benar- benar nyata dan dapat mengarahkan kemampuannya untuk kepentingan kemanusiaan atau dirinya sendiri, mereka dapat mengontrol emosi atau amarahnya, dapat mengambil arah yang bersifat positif dan membuang arah yang bersifat negative sehingga apa yang disampaikan dapat berguna bagi dirinya maupun orang lain. 
  5. Tahap V adalah Super Indigo, kemampuan luar biasa yang dimiliki benar- benar telah sempurna bagi dirinya, bagi kehidupan manusia dan alam semesta. Kebanyakan mereka sudah focus menjalani hidup hanya untuk sang pencipta alam semesta Tuhan Yang Maha Esa dan hanya sebagian kecil waktunya kadang dapat terbuka untuk kepentingan manusia lainnya yang bersifat penting.

Kemampuan Seorang Indigo

Kemampuan yang sangat luar biasa adalah kemampuan berhubungan dengan cakra mahkota pada bagian atas kepala yang merupakan pintu komunikasi antara manusia dengan Tuhan. Cakra ini pada orang Indigo terindikasi berwarna ungu yang sangat kuat terutama pada saat terjadi koneksi dengan Sang Sumber. Hubungan dengan makhluk-makhluk suci dan dimensi lain yang lebih tinggi, juga terjadi di cakra ini.

Di bawah ini Jenis Kemampuan seorang Indigo
  1. Indigo Telepati: Telepati adalah kemampuan untuk berkomunikasi atau saling menukarkan informasi dengan orang lain tanpa menggunakan indra. Dalam film-film populer, telepati digambarkan begitu fantastis. Antara dua orang mampu saling bercakap-cakap tanpa perlu berbicara. Namun, tentu saja telepati tidak sespektakuler yang digambarkan dalam film populer. Kebanyakan informasi yang disampaikan dalam telepati hanyalah gambaran-gambaran singkat. Kemampuan ini sering dihubungkan dengan cakra mata ketiga (Ajna) yang posisinya terletak di depan kepala antara dua alis (dahi). Secara fisik berupa ujung-ujung syaraf di kulit luar otak yang berperan sebagai sensor gelombang yang datang. Setiap kali orang berpikir dan beremosi maka otak akan memancarkan gelombangnya. Gelombang berfrekuensi rendah ini merembet dan memantul ke sana kemari dengan kecepatan cahaya kemudian diindra oleh sensor di otak orang indigo dan diolah di otak untuk diubah menjadi sebuah gambaran. Kemampuan membaca pikiran dan perasaan (menangkap gelombang) dimiliki hampir semua orang Indigo, termasuk juga anak-anak Indigo yang masih bayi. Sedangkan kemampuan berkomunikasi jarak jauh mengirim gelombang hanya dimiliki oleh orang Indigo tertentu saja.
  2. Indigo Klervoyans: Kemampuan untuk melihat kejadian yang sedang berlangsung di tempat lain di masa sekarang dan waktu sekarang. Sama seperti pikiran dan perasaan yang memancarkan gelombang, setiap peristiwa di alam juga memancarkan gelombang. Gelombang tersebut dipancarkan oleh setiap makhluk yang terlibat dalam peristiwa itu, bahkan benda mati sekalipun memancarkan gelombang dari gerak elektron pada atom dan getaran molekulnya. Kemampuan ini meliputi juga kemampuan melihat benda-benda yang tersembunyi atau berada di suatu tempat yang tertutup.
  3. Indigo Prekognision: Kondisi ini dimana seorang indigo mampu memprediksi dan membaca peristiwa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Biasanya si pemilik kemampuan ini mendapat sebuah gambaran tentang masa depan dan yang akan terjadi pada masa depan, dan biasanya dilakukan dengan dua cara yaitu melihat langsung yang tengah terjadi dimasa depan. Atau mengumpulkan data – data peristiwa yang terjadi saat ini, guna bisa menyimpulkan kemungkinan – kemungkinan besar yang akan terjadi di masa yang akan datang.
  4. Indigo Retrokognision: Berhubungan dengan kemampuan melihat dan membuat peristiwa di masa lampau. Yang dimaksud dengan kemampuan membuat peristiwa adalah menetapkan suatu kejadian di masa lampau dan itu berpengaruh kepada masa sekarang. Hal ini juga berhubungan dengan spiral dimensi waktu. Kemampuan ini sangat jarang dimiliki oleh orang Indigo karena jarang dipergunakan. Yang umum dilakukan oleh orang Indigo adalah melihat kejadian di masa lalu untuk menjelaskan suatu keadaan yang ada di masa sekarang. Biasanya yang dicari adalah sebab-sebab suatu kejadian, siapakah orang-orang yang terlibat dan bagaimana proses terjadinya.
  5. Indigo Mediumship: Mempunyai kemampuan untuk menggunakan rohnya, roh orang lain atau roh makhluk lain sebagai medium atau tempat untuk menggali sebuah informasi. Karna roh sendiri adalah sebuah gumpalan energi yang tebentuk atas realitas semasa hidup, kenangan yang terekam oleh roh juga berasal dari pengetahuan dasar yang bersifat idealis. Dapat melihat makhluk atau berkomunikasi dengan makhluk lain yang tidak terlihat tapi tetap berada di dimansi manusia termasuk dalam kemampuan ini.
  6. Indigo Psikometri: Sang pemilik indigo ini dapat menggali informasi serta mebaca gejala sebuah peristiwa dengan objek atau benda apa pun yang ada di sekitarnya. Itu di karnakan pada setiap benda itu terdiri dari susunan atom yang telah membentuk kumpulan molekul, molekul itu sendiri memiliki getaran yang menghasilkan gelombang khusus yang dapat merekam sebuah kejadian.
  7. Indigo Sugesti hipnosis: Orang Indigo yang tidak belajar hipnosis bisa menghipnosis dengan kemampuan telepatinya. Walaupun proses sugestinya berjalan lamban namun bersifat permanen dan bisa diwariskan. Contoh adalah hasil sugesti hipnosis yang dilakukan orang-orang Indigo seperti para Rasul, Nabi, wali dan orang suci lainnya. Pengaruh mereka masih terus berbekas hingga sekarang.
  8. Indigo Analitik: Kecerdasan (IQ) orang Indigo di atas rata-rata umum. Kelebihan dari orang biasa adalah kemampuan analisa data secara cepat, luas dan kontinyu. Data-data yang tersebar dan acak akan dikumpulkan dan saling dihubungkan dengan cepat. Sebuah kesimpulan atau jawaban atas sebuah pertanyaan atau permasalahan bisa diperoleh oleh seorang Indigo hanya dalam waktu beberapa detik, terutama yang berhubungan dengan analisa kejadian alam. Kemungkinan ini berhubungan dengan kapasitas dan kemampuan proses di otak yang lebih besar dari orang umum.
  9. Indigo Telekinetik: Telekinetik artinya menggerakkan benda dari jarak jauh. Pada umumnya berhubungan kuat dengan kemampuan telepati seperti sugesti hipnosis. Merubah perilaku orang lain dengan mengubah susunan genetik pada spiral DNA dan menggerakkan sel, kelenjar atau organ tubuh dalam sistem metabolisme tubuh. Kemampuan untuk menggerakkan benda dengan massa besar tidak umum dimiliki oleh orang-orang Indigo.
Versi Videonya

Referensi

"Kemampuan Bawaan Terlahir Indigo" Akarasa.com oleh Uul Rosyad. Diakses 5 Oktober 2019
"Telepati" wikipedia.org
"Jenis Kemampuan Anak Indigo". Kumparan.com Diakses 5 Oktober 2019.

Baca Juga